Kamis, 19 November 2009

TINGGAL LANDAS DI TEBELIAN AIR PORT


Tinggal landas di Tebelian Air Port, ungkap Henri Harahap, S.Sos, M.Si Kepala Baian Pertanahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, dikutip dari pembicaraan dengan Berkat ( Berita Khatulistiwa) Jum'at 25 September 2009.
Diterangkannya pembebasan tanah yang biasanya bagian yang paling sulit untuk membangun Bandara (Pelabuhan Udara) sudah rampung dilakukan. Sementara untuk pembayaran ganti rugi berupa Tanam Tumbuh, saat ini unit kerja Dishutbun (Dinas Kehutanan dan Perkebunan) sedang menghitung. "Alhamdulillah pembebasan tanah Tebelian Air Por dan sudah rampung pembayarannya," jelasnya.
Dijelaskannya, 147 hektar tanah yang sudah di bebaskan dibayar Rp. 10.000,- per meter untuk tanah yang bersertifikat dan untuk tanah yang berstatus SKT (Surat Keterangan pemilikan Tanah) dan garapan, hanya dibayar 90 per seratus dari harga tanah bersertifikat.
"Tanah yang dibutuhkan pada pembangunan bandara, sebenarnya 167 hektar, artinya masih ada 20 hektar yang belum dibebaskan sebagai penyangga bandara. Insya Allah pada ABT (Anggaran Beban Tambahan) akan dianggarkan, hingga pada tahun 2010 tidak ada masalah tanah lagi," katanya.
Kelanjutan pembangunan Tebelian Air Port, pasca pembebasan tanah, menurut Henri akan dilakukan, setelah Bupati Sintang menyampaikan representasi di Departemen Perhubungan yang akan diperkirakan pada bulan Oktober tahun ini. "Untuk pmbebasan tanah tahap kedua dari sisi kiri dan kanan seluas 37 Ha, kita penunggu hasil dari pertemuan pak bupati dengan Dephub," ucapnya.
Ditambahkannya, pembangunan Tebelian Air Port adalah dambaan dari mayarakat kawasan timur Kalimantan Barat untuk mempermudah akses transportasi udara, "Selain untuk angkutan orang, juga angkutan cargo. Kalau bandara sudah rampung, good bye lah Pontianak," katanya seraya bercanda.
------------------------------------------------
Balasan untuk komentar-komentar yang pesimis.
Jangan selalu berkecil hati jika masyarakat pedalaman yang mengaku dirinya SDM yang masih rendah? pacu untuk meningkatkan SDM Anda semua, ajukan kepada pemerintah agar dapat beasiswa, waktu masih panjang, jangan takut Propinsi Kapuas Raya terealisasi anda belum siap, penulis sampaikan kepada anda semua, Persiapkan diri anda dari sekarang, tingkatkan prestasi, dan raih prestasimu, hingga batas kemampuan menempuh perguruan tinggi. Isi formasi, anda akan jadi pemimpin, kami bangga anda bisa tampil.
Selamat!!!

Tidak ada komentar: